Anitologi : Mandrake "sang primadona tanaman" (Eropa)

 



(Wohoo..!! ngapain lo tiba2 cabut gue guoblokk,,, lg enak2 boker jg ! wooohh)

Halo semuanya selamat datang Kembali Bersama blog yang masih berpantat biru ini, nah disini abang burhan mau berbagi knowledge mengenai tanaman mitos yang sering kita lihat di banyak film-film ini dari gambar diatas mungkin kalian semua sudah tahu tanaman apa yang mau dibahas, tidak usah basa-basi kita langsung aja ..

Mandrake "sang primadona tanaman"

Ya dialah mandrake, tanaman yang berpenampilan seperti manusia berkulit keriput ini ternyata memang ada didunia nyata bahkan bisa ditemukan diberbagai penjuru dunia termasuk di indonesia meskipun kebanyakan legendanya berasal dari negara eropa. nyatanya tanaman ini memilik golongan genusnya tersendiri yaitu mandragora khususnya spesies mandragora officinarum atau mandragora autumnalis, yang termasuk ke dalam familia nightshade (Solanacea).

Tapi tahukah anda mandrake di Indonesia tidak disebut dengan tanaman mandrake? Namun diindonesia sendiri nama ini sedikit diubah menjadi ya.. sedikit lebih aneh dan tidak keindonesiaan banget, disebut dudaim (“terus ngapain diubah?” tanya mang Burhan dengan terheran-heran) tapi aslinya nama dudaim sendiri berasal dari alkitab ibrani yang secara harfiah berarti tumbuhan cinta (wow) untuk lebih lanjutnya kalian bisa membaca wiki mengenai hal ini. Tanaman dudaim atau mandrake mengandung zat alkaloid tropane deliriant halusinogen (zat psikoaktif jadi zat ini bisa mempengaruhi mental orang ya guys, seperti atropin, scopalamine, apoatropine, dan hyoscyamine yang bisa menyebabkan detak jantung menguat dan pupil melebar dan kalau dikonsumsi berlebihan siap-siap masuk headline news di tvone jd lebih baik jangan dikonsumsi ya guys).

Nah kita lanjut ke daun mandrake, daun mandrake sendiri ini mirip seperti daun tembakau punya paras yang cantik dan membahana tapi siapa yang sangka akar dibawahnya akan berbentuk jelek seperti orang yang menariknya keluar?


Setelah itu ada Akarnya yang sangat ikonik karena mirip manusia, ternyata di dunia nyata proses ini memang ada dan itu dinamakan dengan proses bifurikasi sehingga memberi penampakan seperti tubuh manusia

proses bifurikasi tidak hanya dimiliki oleh si mandrake ini bahkan tanaman seperti kentang dan wortel juga memiliki proses perubahan wujud ini.

nah.. akar dudaim ini sejak dulu memang digunakan dalam ritual sihir atau magis karena witch sangat lengket dengan kuali yang berisi zat berbahaya, akar dudaim ini ternyata juga semakin berbahaya jika dijadikan sup karena bisa membuat muntah-muntah dan diare hebat, jadi jangan aneh Ketika melihat tanaman ini di film atau game yang ada unsur-unsur witch nya.

 

Tapi kenapa tanaman berbahaya dan tidak populer ini bisa menjadi populer di film-film Hollywood dan sastra besar di dunia kita tercinta ini? Pasti terbesit di otak kalian kenapa sih harus mandrake? Kenapa bukan ganja saja kan sama-sama bahaya dan bentuknya ikonik?

Ternyata ada alasannya.. guys. akar mandrake yang berbaya itu dijadikan obat oleh orang-orang eropa terdahulu sebagai zat anestasi untuk membuat proses operasi menjadi lebih lancar, bahkan sekarang juga masih digunakan sebagai pembuatan obatan untuk kedokteran.

Dari kasiatnya pada masa lampau tersebut mandrake sering kali disebut dalam sastra-sastra kelam yang salah satunya adalah novel karangan Machiavelli pada tahun 1518 yang berjudul “the mandrake” di mana ceritanya berkisar dari penggunaan cairan duadim atau mandrake untuk merayu wanita. Bahkan shakespare juga pernah menyebut mandrake sebnayak empat kali dalam karyanya yang terkenal ( Othello , Antony and Cleopatra, Romeo and Juliet, King Henry VI part II) .

Jadi dari berbagai sumber terkenal mandrake ini kemudian bercabang menjadi pengetahuan masal yang dipilah untuk dijadikan sebuah konten sastra, seperti serial harry potter dan bahkan anime unyu flying witch atau grandblue fantasy. 


Sekian dari postingan mang Burhan moga-moga knowledge yang dimiliki oleh mamang bisa tersampaikan dengan baik kepada teman-teman sekalian, baik.. sampai jumpa di postingan yang lain guys. 

NB : mandrake asli tidak bisa karaoke ya guys, jd jangan berharap banyak untuk dijadikan teman nimbrungan


Komentar