Anitologi : Titan "Sang Penguasa Bumi" (Yunani)



Poster anime Shingeki no Kyoujin atau Attack on Titan season ke 4
Attack on Titan Season 4

Hehehehei Konichiwa minna-san, Ketemu lagi bersama Badak Ganteng, Fu..fu..fu, gimana udah ketemu sama admin baru, gimana pendapat kalian nih, yah walaupun masih magang, tapi yah lumayanlah bantu-bantu dikit, kalo nanti useless nanti kita kick aja ya khaaaaaan!!!

Yup tanpa basa-basi kali ini kita bakalan bahas salah satu mitologi dunia yang lumayan terkenal geng, apa lagi pas ada adaptasinya di anime, awalnya, badak mutusin bahas ini karena badak lagi nonton "Shaun of the Dead", walaupun ga nyambung kaya jaringan indihome pas banyak orang di rumah, tapi bisalah ya, hal ini terjadi setelah admin mikir kalo semua orang digigit oleh zombie trus zombienya nanti gigit siapa ya, trus kalo zombienya gigit badak apa badaknya jadi zombie apa zombienya jadi badak, trus kalo zombinya jadi badak apakah dia akan nerusin blog ini!!!!! trus _________(*sfx:tuuuut)

System : You has been kicked from this blog
Badak:Nani koraaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa. Temeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee!!!!      Siapa yang Kick gueeeee!!!
System : To much Bullsh*t
Badak : Berisssssik, Sape Lo Anj*m
System : Ano Sumimasen, Watashi wa Jiro Sato desu, eeeto dozo yoroshiku onegaishimasu! 
Badak : (you have a heart attack)*Sfx : tuuuuuut lagi

Jiro : Ano minasan, kali ini saya yang mengambil alih, silahkan nikmati acaranya!!!

 Titan "Sang Penguasa Bumi"

Scene Attack on Titan season 2
Kalian pasti tau kan anime Shingeki no Kyojin atau Attack on Titan, disana di ceritain kalo dunia berada dalam kondisi dimana para titan yang berkeliaran di dunia dan mengancam kehidupan manusia, dan orang-orang yang tersisa membuat sebuah pemukiman yang di kelilingi oleh tembok raksasa agar tidak dapat ditemukan oleh para titan, dan eren pemuda yang bisa berubah menjadi titan dan berpihak kepada manusia, berusaha untuk menghalau semua titan yang menyerang ke tempat tinggal mereka bersama pasukan yang terlatih intuk membunuh titan, saat ini animenya udah sampe season 4, tapi kita cuma bahas si titannya nih, dari mana referensi titan di mitologi dunia nyata. Check it crooooot.

Titan, Berasal dari mitologi Dewa Yunani, merupakan anak-anak dari Uranus sang dewa langit dan Gaia sang dewa bumi. dari perkawinan mereka, menghasilkan 6 pasang anak laki-laki dan perempuan, diantaranya adalah berjenis kelamin laki-laki Okeanos, Hiperion, Koios, Kronos, Krios dan Iapetos, dan berjenis kelamin Perempuan yaitu Mnemosine, Tethis, Theia, Foibe, Rhea dan Themis.

Ketika Uranus mengurung para Hekatonkheire dan Cyclops di Tartarus yang merupakan saudara Kronos anak dari Uranus sendiri, Gaia sang ibu marah dan meminta Kronos untuk memimpin para titan untuk melakukan pemberontakan terhadap ayah mereka, karena ia merupakan anak termuda, terkuat dan yang tercerdas diantara para titan, Pemberontakan itu membuahkan hasil yaitu, Uranus di kebiri oleh Kronos menggunakan sabitnya dibantu saudara-saudaranya dan melemparkannya kelaut, sehingga saat itu juga menjadikan Kronos sebagai penguasa Didunia. Selama masa kajayaanya, menurut mitologi yunani, Kronos mulai menciptakan manusia, namun ternyata Kronos tidak membebaskan para Cyclops dan Hekatonkheire, Gaia yang mengetahui hal ini menjadi murka, namun karena ia tidak bisa melakukan apapun, ia pun mengutuk dan meramalkan kalau Kronos akan di kalahkan oleh anak-anaknya sendiri.

Karena pada dasarnya Kronos adalah seorang Pria, dan Pria memiliki Buwung dan buwung memiliki sarang, makanya di jadikanlah salah satu saudarinya menjadi istrinya, dia adalah Rhea dari perwikwikan mereka berdua menghasilkan Hestia, Poseidon, Hades, Demeter, Hera dan Sibungsu Zeus.

Karena hawatir dengan ramalan sang ibu, maka Kronospun menelan hidup-hidup setiap anaknya yang baru lahir, mulai dari Hestia, Poseidon, Hades, Demeter, hingga Hera, namun saat melahirkan Zeus, sang ibu Rhea mengelabui Kronos dengan memberinya batu yang dibalut dengan kain, tanpa rasa curiga, Kronospun menelan batu itu, dengan bantuan neneknya, Zeus terselamatkan dan di rawat oleh neneknya di sebuah pulau bernama Kreta. Disana Zeus di rawat oleh neneknya bersama para nympha, dan diajarkan cara bertarung oleh para satyr(Manusia setengah kambing). Sehingga pada saat dewasa, zeus menyamar menjadi seorang pelayan dan melayani para titan yang sedang berpesta, Kronos dan saudara-saudaranya yang sedang mabuk, dengan segera Zeus memukul Kronos yang sedang tidak sadarkan diri, sampai ia memuntahkan ke lima anaknya yang ternyata masih hidup dan entah bagaimana caranya mereka keluar dalam wujud yang sudah dewasa, mereka yang sadar dan memiliki kesempatan emas untuk dapat bebas, dipimpin oleh Zeus untuk segera pergi dari tempat itu dengan cara berubah menjadi elang dan menjauh dari kota para Titan itu. Zeus memimpin saudara-saudarinya pergi ke Tartarus dan membebaskan para Cyclops dan Hekatonkheire, dengan rasa terimakasih kepada Zeus dan saudara-saudaranya, para Cyclops menempa senjata untuk mengalahkan para Titan, yaitu Petir untuk Zeus, Trisula Poseidon dan Helm kegelapan Hades.


Setelah bersiap dengan rencana mereka, selama sepuluh tahun lamanya Zeus dan kedua saudaranya berperang melawan para titan pria bersama para cyclops dan Hekatonkheire dimana para Titan wanita memilih untuk tidak berpihak, yang mana akhirnya mendapat bantuan dari beberapa titan bernama Prometheus dan Epimetheus hingga pada akhirnya ketika Hades dengan helm kegelapannya yang membuatnya menghilang dan mengunci badan Kronos dari belakang dan Poseidon dengan trisulanya juga menahan tubuh kronos, lalu di hujam oleh petir zeus membuat kronos tidak berkutik dan kalah dalam peperangan yang disebut sebagai peperangan Titanomachia, maka para Titan yang memihak Kronos dihukum oleh Zeus dikurung didalam penjara Tartarus yang abadi didalamnya. dan menjadikan Zeus sebagai penguasa langit, Poseidon Si Dewa Laut, dan Hades Si dewa dunia bawah. dan disebut sebagai dewa dewi olympus, dan merupakan akhir dari riwayat para Titan.


Perbandingan Anime VS Mitologi

1. Titan di anime mereka ada beberapa jenis, ada Attack titan, Collosal Titan, Founding Titan, War Hammer Titan, Armored Titan, Beast Titan, dan banyak lagi, dan mereka adalah manusia yang menjadi inangnya para titan dan mereka bisa menggunakan kekuatannya sesukanya.

Titan Mitologi mereka adalah anak langsung dari Dewa langit dan Dewi Bumi yang berjumlah 12 orang anak, yang kesemuanya memiliki kekuatan masing-masing, bisa dibilang mereka menjadi mahkluk terkuat dan merupakan penguasa di bumi.

2. Titan di anime, dibuat untuk mengakhiri kehidupan dan peradaban manusia, dengan cara memburu lalu dimakan oleh para titan.

Titan di mitologi mereka disebut sebagai pencipta manusia dan merupakan dewa pelindung dan yang mengatur dunia dan seisinya.

3. Titan di Anime mereka memiliki keunikan tersendiri, seperti Armored Titan ia memiliki kulit yang tebal dan keras, Beast Titan yang memiliki tubuh seperti kera, Founding Titan yang memiliki tubuh yang lebih kecil dengan ciri khusus tangan mereka yang panjang, Attack Titan yang memiliki fisik yang lebih mirip manusia tapi berbentuk raksasa, War Hammer yang memiliki bagian tubuh yang bisa berubah menjadi senjata. dan Colosal Titan yang memiliki bentuk tubuh yang lebih besar dari pada yang lainnya.

Titan Mitologi memereka memiliki tubuh raksasa, namun mereka juga menguasai kemampuan sihir untuk merubah bentuk tubuh mereka menjadi seperti manusia, walaupun bentuk asli mereka adalah raksasa, mereka juga memiliki kekuatan yang sangat besar, dan memiliki senjata yang sangat kuat, seperti halnya Kronos memiliki Sabit yang mampu melukai Ayahnya sang dewa langit. Dan Atlas anak dari titan generasi pertama yang bisa menopang bumi di pundaknya.

4. Para Titan di anime di kalahkan oleh pasukan kerajaan dan dibantu oleh Eren, salah satu manusia yang bisa menjadi Titan dan berpihak kepada manusia.

Para Titan khususnya Kronos dikalahkan oleh ketiga anak Kronos yaitu Zeus dengan petirnya, Poseidon dengan Trisulanya dan Hades dengan Helem kegelapanya.


Jadi ga ada tuh orang-orang lawan titan sambil bilang Sasageyo... Sasageyou. waupun anime dan manganya merupakan karya tersukses yang booming banget di dunia. itu tetap fiksi, jadi jangan terlalu mengahayati, tiba-tiba pengen jadi Levi, siapa Levi?, Office boy heh.
System : Badak are raised from the dead!!
Badak : Eh!!! udah kelar.

(Tersambung) Btw Badak percaya levi bakalan mati.

Komentar